Monday, August 11, 2008

2 Days Training at Hotel Arya Duta Jakarta



Alhamdulilah setelah lama gak ada training,tgl 7-8 kmren dpt amanah dari kantor bwt ikut training diHotel Arya Duta Jakpus yang diadakan oleh salah satu consultan dijakarta timur.Training kali ini membahas tentang Handling Customer Complapint,yang memang berkaitan langsung dgn jobdesc q sbg Helpdesk/Customer Service.Pada training kali ini dari kantor q hanya ngirimin 2 orang aja,aq dan seorang temanq.Selain kami berdua,ada juga peserta dari perusahaan lain yang total berjumlah 10 orang.Yang menarik ternyata setelah berkenalan dgn para peserta training yg lain,ternyata aq yg umurnya paling muda ;)).Lainnya ada yg kelahiran thn 70an bahkan ada pula yg sudah berkeluarga dan mempunyai anak heheheh.Seluruh peserta rata² berdomisili disekitar jabodetabekarang (jakarta-bogor-depok-tangerang-bekasi-cikarang hehe mekso dikit),hanya ada 2 peserta yg agak jauh yaitu dari purwakarta dan dari jogja.

Selama 2 hari tersebut kami dilatih untuk bagaimana menjadi Customer Service yang baik.Klo aq seh sebenarna secara informal sudah sering dpt ilmu "customer service" dari kantor.Namun training kali ini bersifat lebih formal dan terstruktur sehingga bg bbrp peserta training yang belum memiliki background customer service training ini sangat bagus bgt.Selain penyampain materi dgn sistem presentasi,pemateri juga menyisipkan game² interaktif yang memang bertujuan meningkatkan team work.Ada juga role play dimana kita diminta untuk memainkan peran sesuai dgn ilustrasi yg telah disiapkan.Pada sesi role play inilah yg plg menarik menurut saya,karena ada bbrp ilustrasi diantaranya kita bergantian berperan sbg customer service yang menerima complain lalu menjadi pelanggan yang complain.Sempat canggung juga sih,secara nih kerjaan saya khan jadi customer service by phone jd gak pernah ketemu langsung dgn pelanggan tp gpp namanya ilmu baru harus dicoba.Peran pertama sebagai customer service bisa dilalui,skrg peran kedua sebagai pelanggan yang marah²...hehe ternyata asyik lho jadi pelanggan itu bisa marah² sak enak udel e dw,awalny seh bingung gimn ya actin jadi orang marah²?namun akhirnya bisa mengalir apa adanya,sampai² temen training saya bengong² :D.

Oh ya pasti deh bukan rahasia umum lagi yg dicari pas training itu adl perbaikan gizi hehee.Selama 2 hari training tidak kami sia-siakan pokoknya segala fasilitas yang disediakan kita cobain,secara gitu loch training dihotel bintang 5 :D.Setiap jeda training ada rehat 15 menit utk coffe break+snack.Dan puncakny ketika lunch.Karena systemnya all you can eat saya sampe bingung,namanya wong katrok biasanya makan diwarteg dgn menu nasi 1/2 plus sayur plus tempe.Wih pkokny segala masakan ada sampe bingung sendiri.Hari pertama saya rada² jaim hehehe makan dgm item lauk yg terbatas yaitu nasi , capcay , martabak + ayam goreng.Setelah bisa mengenali medan perang pada hari keduanya waktunya balas dendam :)) gak tanggung² hampir semua menu saya cobain kapan lagi bisa menikmati masakan jepang,timur tengah,eropa+indonesia sekaligus.Tapi ada juga pengalaman yang kurang mengenakkan,yaitu pas ke toiletnya ih...karena sudah siaga 3 terpaksa saya make wc dihotel tsb,bukan masalah di WCnya tapi ya itu saya harus make tisu bwt "ceboknya" a karena gak ada kran air.Aduh rasanya gak bgt deh pokokny,aq heran kok bule² bisa ya "cebok" pake tisu gitu.

Sebelum training selesai tak lupa saling bertukar contact number,ada yg ngasih kartu nama,email YM dll.Tak terasa 2 hari training kita dah berasa akrab bgt.Pulangnya pun disempet²in bernarsis ria di rooftop tepatnya diarea swimming pool.hehhe ntar diupload foto² yang lain deh.Puas senang² dan refreshing selama training saya ndak langsung balik ke kosan,tapi langsung meluncur ke kakampus karena dah ditunggu final test matkul algoritma yg sudah pasti closed book.Gak usah tanya hasilnya yach...open book aja gak bisa apa lagi closed book.

5 Comments:

At August 15, 2008 at 9:28 PM , Blogger Ida0nly said...

hah?? wan dirimu kok tambah gendyut seh?.. bener2 dirimu balas dendam mangan ndek hotel yoh..ya ampyun..

 
At August 22, 2008 at 9:24 AM , Anonymous Anonymous said...

duh....temenku katrok banget....malunya...

 
At August 26, 2008 at 2:40 AM , Blogger wahyukurnianto said...

ndak pernah nginep hotel ya Pak ?
hayuk nginep neng grand bonsir's calton ... hotel bintang 7++

 
At September 17, 2008 at 2:24 AM , Blogger Memoar Anak Negeri said...

wan.. gak pengen mangan sashimi maneh tah. xixixixixi.....

 
At October 6, 2008 at 11:18 PM , Blogger ekaisna said...

Lama tak jumpa, lihat fotomu koq tambah imoet wan ... pisss ...

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home